berbahasa jepang

Oktober 10, 2008

dorama

Filed under: belajar, berita, budaya — Tag:, , , , — javanese @ 11:21 am

Senang nonton sinetron?

Mungkin sudah sering dibicarakan di blog-blog betapa banyak hal-hal negative yang didapat dari sinetron, tapi tetap keputusan untuk menonton atau tidak berpulang ke individu masing-masing. Jika senang dengan tontonan seperti sinetron, namun tidak ingin terkena efek negative dari tayangan sinetron yang sangat-sangat menyesatkan dan tidak mendidik (opini sepihak), bagaimana kalau kita berpaling ke drama Jepang atau biasa disebut dengan J-Dorama. Apakah dorama tidak memiliki efek negative seperti sinetron? itu juga kembali berpulang pada penilaian individual, namun saya secara subjektiv menilai bahwa dorama jauh lebih baik dari sinetron.

baiklah, cukup bahas sinetron, mari kita kembali ke laptop J Dorama.

Dorama (ドラマ) atau drama jepang adalah serial televisi yang disiarkan di Jepang. Dorama memiliki berbagai macam jalan cerita seperti kehidupan sekolah, komedi, misteri, kisah detektif dan lain-lain.

Dorama ditayangkan selama lebih kurang 3 bulan dan mengikuti 4 musim di Jepang, yaitu musim dingin (Januari – Maret), musim semi (April – Juni), musim panas (Juli – September) dan musim gugur (Oktober – Desember). Setiap musimnya ditayangkan judul dorama yang baru.

Mayoritas dorama ditayangkan mulai pada pukul 21.00, 22.00 atau 23.00. Dorama yang ditayangkan pada malam hari diputar setiap minggunya dan biasanya memiliki jumlah episode antara 9 – 12 setiap musimnya. Sedangkan drama pagi yang ditayangkan di stasiun televisi NHK, atau biasa disebut asadora, ditayangkan setiap hari.

Rating yang didapat oleh dorama sangat penting untuk tujuan komersil. Fuji TV paling sering menyiarkan dorama dengan rating tinggi. Selain itu, stasiun televisi lain seperti NHK, TV Tokyo, TV Asahi dan TBS saling bersaing untuk mendapatkan rating tinggi atas dorama yang mereka putar.

ini beberapa resensi dorama yang pernah tayang di TV

1. Tokyo love story

……………. (resensinya ga’ ada, ada yang tau?)…………………….

2. Anything for You
Cerita mengenai seseorang yang menabrak orang lain dan orang yang tertabrak menjadi roh yang kemudian merasuk ke tubuh penabraknya. Penabrak yang sudah dirasuki mendatangi pacar yang telah ditabraknya. sang pacar sangat membenci penabrak tersebut. bla..bla…bla….

3. Anchor Women (news women)
Cerita mengenai seorang wanita yang menjadi pembaca berita di sebuah televisi swasta yang terkenal, namun karena memberitakan sisi negative petinggi televisi swasta tersebut, wanita itu kemudian keluar dari stasiun tv tersebut kemudian bekerja di stasiun tv kecil yang tidak terkenal.

4. Strawberry on short cake

Cerita mengenai kyoko fukada serta hideaki takiziwa. bapak dengan anak laki-laki yang menikah dengan seorang wanita yang memiliki anak perempuan. Ternyata wanita tersebut sakit kemudian meninggal. cerita dilanjutkan dengan jatuh cintanya sang kakak dan sang adik tiri.

5. First love

Cerita mengenai seorang guru yang menyukai seorang murid wanitanya. mereka strugle mempertahankan cinta mereka. soundtracknya adalah lagu first love milik Utada Hikaru.

6. friend

Cerita mengenai percintaan sepasang manusia yang berbeda negara, Jepang dengan Korea. Antara Jepang dengan Korea memang terdapat sedikit rasa tidak suka yang disebabkan oleh perang antara Korea dan Jepang. Keluarga Mereka tidak menyetujui percintaan mereka.

7. ichi ritoru no namida
Cerita mengenai seorang wanita yang didasari oleh kisah nyata seorang wanita siswi smu yang menderita sakit. namun tetap bersemangat untuk menjalani hidup. orang jepang merasa malu dan tidak ada harga diri jika mendapat perlakuaan khusus. mereka tidak suka dikasihani.

8. Great Teacher onizuka (GTO)
Cerita mengenai seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah dengan metode berbeda dari guru-guru lainnya. Guru ini menggunakan pendekatan secara individu kepada para murid yang sering melakukan kenakalan-kenakalan remaja. Di Jepang tema tidak percaya guru dan orang dewasa sangat populer.. jadi onizuka seorang guru yang tidak biasa karena tidak suka terikat oleh aturan dia mau mempercayai muridnya dan menggunakan metode yang berbeda dalam mengajar. satu demi satu dia berhasil menaklukan muridnya bukan dengan kepintaran tapi dengan hati tulus. pada akhirnya dia ditolak oleh sekolah karena dari latar belakang seorang preman yang manusiawi… aneh dan unik. pada akhirnya murid muridnya mau berjuang membantu sang guru onizuka untuk melawan ketidakadilan.

9.Good luck
Cerita mengenai seorang copilot. kali ini bercerita mengenai kehidupan pilot dengan segala lika liku yang dibawa. ternyata dunia ini luas dan ada cerita khusus di setiap bidang perkerjaan . tetap yang ingin ditunjukan dari orang jepang adalah kebanggaan dengan pekerjaan, pengorbanan yang harus dilakukan, tanpa penyesalan. Kisah kisah unik ketika menghadapi penumpang dengan berbagai masalah dari penerbangan tapi bisa dikemas menarik seperti sedang melawan pertarungan.
pada akhirnya si takuya ini mengalami kecelakaan yang dapat mengakibatkan dia cacat sehingga tidak dapat menjadi pilot. karena tekun memperjuangkan nasibnya dari anak seorang nelayan menjadi penerbang dan dapat keliling dunia menjadi pilot seperti yang dia lihat waktu kecil…
ternyata anak kecil perlu diberikan imajinasi yang tinggai sehingga mereka belajar unutk memiliki cita cita dan berkerja kersa unutk mendapatkan cita cita tersebut dnegan pengorbanan yang harus dilakuakn. jadi imajinasi penting…kita memerlukan sebuah negara yang penuh dengan imanjinasi biarkan anak anak mempunyai harapan untuk tahu dunia in idengan segala isinya…

10. summer snow
Cerita mengenai seorang penjual sepeda yang tinggal bersama adiknya yang cacat dan adik bungsunya yang hamil di luar nikah dan mempertahankan anak yang dikandungnya. serta hubungannya dengan kekasih yang malu-malu tapi akhirnya menjadi penyelamatnya karena pacarnya ini mengalami kanker hati, di akhir ceerita pemeran utama mendonorkan hati untuk pacarnya.

11. Gokusen
Cerita mengenai seorang guru dan murid yang tidak mepercayai guru, serta kumpulan kelas bermasalah 3D. yamaguchi sensei. seorang guru wanita tapi berasal dari yakuza
bercerita bagimana berusah mendapatkan kepercayaan dari anak murid dengan cara memercayai mereka terlebih dahulu. bagaimana bersikap jantan, mepelajari arti sebuah perkelahian. apa yang harus dikorbankan ketika memperjuangkan sesuatu.
serta nilai nilai kemanusaian. orang jangan hanya dilihat dari tampangnya yang urakan tetapi isi hatinya dapat menjadi seorang yang sangat pemberani untuk kebahagiaan orang lain.

12. Gokusen 2
Cerita mengenai gokusen lanjutan. bercerita tentang sekumpulan anak berandalan juga. harus mengungkapkan isi hati bahkan terhadap orang tua, setiap anak punya jalan hidup yang harus dia pilih sendiri hidup ini milik diri sendiri orang lain tidak berhak mengambil. seorang pemberani adalah bukan orang yang kuat tetapi orang yang dapat melindungi apa yang dia anggap berharga dengan sepenuh hati walaupun ia tau tidak akan sanggup memenangkan pertandingan. orang tua tidak boleh disia siakan.

13. Taiyou No uta
Cerita mengenai seorang gadis (erika sawajiri) yang menderita XP (xeroderma Pigmentation) yaitu penyakit yang dapat membuat seseorang terluka meninggal bahkan akibat terkena sinar ultravilotet matahari. akibatnya kehidupanya gadis ini berubah jadi tidur siang dan bangun di malam hari
dia juga sebagai penyanyi ingin menjadi penyanyi. perjungan gadis ini untuk memberi arti pada hidupnya sungguh besar tidak boleh penyakit menghalangi jalannya untuk menjadi yang terbaik. Kekuatan ini lah yang membuat orang orang suka kepada dia, termasuk seorang laki laki yang teman dari artis terkenal , muncul kisah cinta segitiga. masalah muncul semua lari. ketika ditangkap gadis ini tidak memperhatikan nyawanya sendiri untuk pacarnya dia berlari disiang hari membuat si artis sangat terharu dan menyerah. gadis ini bisa main lagu menciptakan lagu punya band, ikut festival dan akhirnya rekaman walaupun pada debut tidak dapat dituntaskan.
cerita seru bagaiman melindungi dia dari sinar matahri saat terjebak di kincir putar. bersama kekasihnya. bagaiman mereka saling menguatkan dan harus menjadi diri sendiri, uang tidak boleh merusak kepercayaan diri hasil karya sendiri dan harga diri.

14. Kurosagi

Cerita mengenai pencuri, bahkan pencuri bisa dijadikan sebuah cerita. jadi ceritanya di dunia ini ada tiga jenis penipu yaitu shirosagi (bangau putih) akasagi (bangau merah) dan kurosagi(gagak atau apa lah itu). jadi si shirosagi ini suka menipu korbanya dia menggunakan berbagai macam strategi dan teknik untuk menipu calon korbannya, sedangkan akasagi biasanya menggunakan perasaanya untuk menipu, pura pura cinta minta beli ini itu dll tapi akhirnya cuma buat morotin duit aja. nah kurosagi adalah orang yang menipu mereka berdua untuk mengambil kembali hasil tipuan dari mereka untuk dikembalikan.
ceritanya penuh intrik dan tak terduga alurnya. seorang wanita hendak jadi jaksa diselamatkan oleh kuro sagi, dia memperdebatkan antara cinta dan kebenaran. harus sesuai hukum harapan dia untuk menciptakan keadilan. tapi hukum tidak bisa memberikan keadilan seperti itu (duti balik maksudnya). diatas kurosagi ternyata ada sutradara yang mengatur supaya shiro kuro dan aka sagi saling bertemu mengadu kekuatan .. siapa paling berengsek. jadi cerita nya cukup unik untuk dilihat. hal uang dipelajari adalah jika sudah yakin terhadap suatu hal tetap perjuangan selama itu menjadi hal yang baik. berjuang sampai bertarung melawan polisi.
akhri cerita jaksa itu marah karena kurosagi telah mencuri hatinya… ^^

15.Team Medical dragon
Cerita mengenai dokter asada ryutru seorang dokter muda yang sangat berbakat, khususnya di bidang bedah. spesialis di bedah jantung, dia mengembangkan ilmunya di amerika serikat di ruang emergency room (lebih tepatnya di medan perang) ketika pulang di jepang maka dia cukup disegani. dia membuat sukses operasi yang hampir semua orang bilang mustahil, dia adalah jenius dibidangnya. ceritanya di tema medical dragon satu mengenai operasi batista. operasi untuk mengecilkan hati yang sudah terlalu besar karena penyakit. jadi bagian hati di buang dan dijahit.
cerita tentang rumah sakit yang berengsek. hanya mau melayani pasien yang kaya, dan yang memiliki biaya. kebijakan yang dibuat hanya untuk kepentingan komersil bukan kepentingan pasien. intrik perebutan kursi profesor oleh para dokter disana. asada ryutaru menjadi sossok pembangkang namun dokter kepala profesor nugochi dalam hal ini tidak berdaya karena dia sendiri mengakui kehebatan dari dokter asada untuk mengobati serta sebenarnya menginginkan ilmunya unutk membuat tesis supaya ia menjadi kepala rumah sakit. dulu ia hanya kepala departemen. satu departemen satu profesor kalau tidak salah.

team medical. kata team berarti lebih dari satu orang dan memang betul tema terdiri dari orang yang cukup berbeda latar belakang namun memiliki tujuan yang sama untuk membantu. mereka punya kehandalan yang tidak diragukan. ada dokter ijuin dokter muda yang sedang belajar, dokter internis lupa namanya, dokter kato, asisten profesor yang mau buat tesis tentang bautista agar bisa jadi profesor. lalu ada sorang ahli anasthesi atau pembiusan dokter hanoi. serta suster miki pacar dari asada.

konflik yang terjadi ternyata terlihat bahwa rumah sakit memiliki persoalan sendiri, yang tidak ada hubunganya dengan ibu mertua tapi antara semangat loyalitas dokter serta lain lain,.. ceritanya cukup seru dan cukup memberikan pengetahuan mengenai dunia kedokteran. terkadang digambarkan sebuah simulasinya jika menjelaskan tentang jantung misalkan. jadi penonton bisa mengerti lagi bahas apa.

seru.. lagu soundtrack keren. ceritanya tidak membosankan… ada aja kasusnya. dari bidan emergency room. dikasih liat dada palsu atau jantung palsu yang dibelah belah sana sini. hehehe.
dan berdenyut gak tau pake properti apa tapi salut untuk japan….

16. attention please

Cerita mengenai .. lagi tentang penerbangan. Berbeda dengan good luck yang menggambil cerita dari segi pilot (copilot), cerita ini mengambil segi cerita pramugarinya atau air attendant. di film ini diperlihatkan bahwa ternyata tugas seorang pramugari tidak hanya menghidangkan teh atau minuman saja tapi banyak hal lain yang ternyata terlihat bahwa tugas seorang pramugari sangat penting terutama bagi para penumpangnya, karena merekalah ujung tombak pelayanan di dalam pesawat. pesan moral dalam cerita ini -+ adalah :
– bukan karena suka dengan kerjaan ini tapi tidak mau jadi pecundang. semangat membuktikan kekuatan
– kekuatan niat… dapat mengalahkan apapun.
– bisa menjadi apapun biar orang berkata apapun yakin dengan diri sendiri… masa bodoh dengan orang lain.. ini hidup kita kok..

17. Nodame Cantabile – 22 januari 2008

Cerita mengenai dunia musik saat ini di dunia sekolah music, orchestra, dan viena praha. ceritanya tentang chiaki dan megumi nodame. chiaki seorang pria berbakat dalam bidang musik, berminat menjadi konduktor. Ditahun ke empat dia gagal dapat beasiswa ke luar negeri, putus asa dll.

referensi : wikipedia, yudhi,

26 Komentar »

  1. pertamaaaaaaaaxxxxxxxxxx
    😀

    *seneng*

    Komentar oleh cenya95 — Oktober 10, 2008 @ 1:04 pm

  2. tengok lagi ehhhhhh….
    keduaaaaaaaxxxxxxxx
    😀

    *maafbangzaenal.copynich*

    Komentar oleh cenya95 — Oktober 10, 2008 @ 1:06 pm

  3. yaaaaah…
    *
    hentrixxxx
    *
    dech…

    Komentar oleh cenya95 — Oktober 10, 2008 @ 1:08 pm

  4. pertamaxxx ini saya persembahkan sebagai kado kenaikan golongan bagi pak okta setiawan, semoga karier yang bapak bina selama ini tetap lancar jaya.

    Komentar oleh subpokjepang — Oktober 10, 2008 @ 1:15 pm

  5. kelimaxxxx

    hehe ga penting banget ya?? pak Okta, selamat! Anda layak dapat “bintang” karena telah menggoreskan pertamaxx, keduaxx dan hetrixx..!
    saluuuttt up!🙂

    Komentar oleh Retno Damayanthi — Oktober 10, 2008 @ 1:34 pm

  6. by the way, anyway busway,

    dorama yang paling saya suka dan membekas di hati itu yang judulnya “Ordinary People”. Bener2 seneng banget sampe lagu soundtracknya saya inget sampe sekarang…!

    Nama tokoh utamanya Narumi, trus ada Kakei, ada Toridei. Ceritanya tentang cinta segitiga gitu.. Saya nontonnya jaman masih piyik (masih SD kayanya), dorama ini membuat saya berpikir, cinta itu indah yaa.. hehee anak SD udah mikirin cinta..!

    ————————-

    enno,
    ahhhh

    Komentar oleh Retno Damayanthi — Oktober 10, 2008 @ 1:38 pm

  7. Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir batin

    ————————-

    mohon maaf lahir batin

    Komentar oleh indra1082 — Oktober 10, 2008 @ 2:30 pm

  8. wah disini mbahas tetek bengek tentang jepun ya??
    hihih, gak mudeng basa jepun, taunya komiknya naruto DKK, hhehee..
    lam kenal ya bu ??

    ———————————

    ya, terutama soal bahasanya.

    Komentar oleh mierz — Oktober 10, 2008 @ 2:42 pm

  9. Kebetulan aq tdk suka nonton. Apalagi sinetron atau drama yah Dorama dalam bahasa jepangnya….

    Tapi mungkin karena belum ketemu asyiknya ya….

    Lam kenal aja dari Jambi

    —————————————–

    ga’ suka nonton, berarti suka baca yah?
    lam kenal juga,

    Komentar oleh Jay — Oktober 10, 2008 @ 2:46 pm

  10. salam kenal.

    ngomong2 soal dorama, masih favorit dorama lawas love generation nya kimura takuya sama matsu takako. dorama yang bikin mereka berdua jadi japanesse sweethearts pada masanya.

    nyari dvd dorama lawas ini dimana ya?

    ———————————–

    sudah googling?
    atau adakah diantara rekan lain yang tau, mohon bantuannya.

    Komentar oleh flowflow — Oktober 10, 2008 @ 3:16 pm

  11. no 10
    kayak nya seru deh

    ————————–

    oh ya?
    dimana serunya?
    ceriatain dunk

    Komentar oleh yudhi14 — Oktober 10, 2008 @ 8:07 pm

  12. kurosagi …..

    adakah sekuel terbarunya !?!?!?

    ———————

    adakah?

    Komentar oleh afwan auliyar — Oktober 10, 2008 @ 8:33 pm

  13. salam kenal…
    Ibu jadi bingung,,,lihat blog ini,Jepang jepang gitu. juga blognya bagus, ibu yang lagi belajar,,kalau blog walking…duuh,,minder

    ————————————–

    ga’ usah minder bu, kita khan sama-sama belajar, sharing ilmu pengetahuan.

    Komentar oleh dyah suminar — Oktober 10, 2008 @ 9:45 pm

  14. Dear Subpokjepang,

    Ohishasiburi desne! Gengki?
    Kono tema wa omosiroi desu! suki desu!
    Gambate kudasai!
    yoroshiku

    erko desu

    ———————————–

    ganbarimasu,
    arigatou gozaimasu

    Komentar oleh erkoritsumeikan — Oktober 11, 2008 @ 11:48 am

  15. makasih udah main ke rumah ku yaaaaa..hehehehhe

    ——————-

    sama-sama

    Komentar oleh yessymuchtar — Oktober 11, 2008 @ 12:02 pm

  16. dari listnya cuma pernah nonton nomer 1 ma 8. kuper banget yah Panda ?😦

    ———————————————

    ga’ juga, saya malah cuma pernah nonton GTO doang

    Komentar oleh Panda — Oktober 13, 2008 @ 9:57 am

  17. Senang juga sih nonton. Kayaknya yg made in japan bermutu dibanding yg kita punya ya? Istilahnya nggak kesampaian, maunya po*no enggak, maunya mendidik anak2 nggak juga….🙂

    ————————————————

    iyah, memalukan, setengah-setengah

    Komentar oleh gambarindu — Oktober 13, 2008 @ 10:52 am

  18. Thanx,
    Dah liat sisfobadiklat ? banyak dorama… lho.

    ——————————————–

    ora iso

    Komentar oleh cenya95 — Oktober 13, 2008 @ 1:26 pm

  19. mohon maaf lahir bathin

    Komentar oleh eNPe — Oktober 13, 2008 @ 6:54 pm

  20. sy belum nonton ketinggalan jaman ya..
    http://www.asephd.co.cc

    Komentar oleh Kaka — Oktober 14, 2008 @ 9:32 am

  21. *sekarang gk jamannya lagi pertamaxx, tapi SHELL!*
    kikiki…^^;

    Komentar oleh namada — Oktober 16, 2008 @ 8:37 pm

  22. Medical Dragon i like it

    Komentar oleh Lain archuilla — Oktober 24, 2008 @ 12:17 pm

  23. aku termasuk penggemar drama japanese he ee..drama jepang pengemasannya lebih bgs,ceritanya variatif,ceritanya ga mbulet kya’ sinetron,lebih mengesankan,pesannya lebih mendidik tuh yg penting nnn feeeellllnya lebih cpt ngertikan maksd aneee heee ee ….

    Komentar oleh grace — Oktober 24, 2008 @ 4:13 pm

  24. drama jepang menggmbarkan bagaimana karakter masyarakat jepang yg mana patut kita contoh n terapkan d indonesia (kejujuran,kedisiplinan,bangga n mencintai provesinya)

    Komentar oleh grace — Oktober 24, 2008 @ 4:19 pm

  25. cb bandingkan crt cinta dorama n sinetron(kliatan bgt kekurangan sinetron)
    ##dorama pembuktian cinta dulu(pembuktian pek mentokkk) br dah ngungkapin cinta n tuh feelllnya lbh dpt….coba kl sinetron pengungkapan cinta begitu d umbar hasilnya jadi “hambar”##

    Komentar oleh grace — Oktober 24, 2008 @ 4:26 pm

  26. […] menonton drama Jepang atau dorama, membuat sedikit tergelitik dengan seragam sekolah yang dikenakan siswi SMP dan SMA di […]

    Ping balik oleh sailor moon « berbahasa jepang — Juli 27, 2009 @ 8:55 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: